Allah Sayang Kita

Sebagai Muslim, tentu salah satu yang ingin saya ajarkan kepada anak saya adalah keimanan terhadap Allah. Wait, saya ngaku dulu kalo saya sendiri tidak merasa cukup taat, alias masih amat sangat berlumur dosa lah pokoknya. Cuma ya, tentu saya juga ingin kami sekeluarga selalu berprogres… Bukankah perjalanan keimanan itu perjalanan seumur hidup kita? Dan saya sadar, sebenarnya saya harus mendidik diri sendiri dulu sebelum saya bisa sungguh-sungguh menjalankannya bersama anak-anak saya.

Sejak Momo kecil ini, cita-cita saya adalah mengenalkan Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Allah yang selalu menjaga, melindungi, memberikan rizki yang tak terhitung. Saya ingin anak saya menyadari itu, mengendapkannya di dalam hati. Makanya saya tidak mengenalkan dulu konsep surga neraka, dosa pahala, dan juga tentang hasutan setan. Saya tentu juga mengajari anak saya beribadah seperti solat, puasa, membaca dan menghafal Al-Qur’an, sedekah, dan lain-lain. Tapi saya ingin menekankan bahwa ibadah yang kita lakukan itu sebagai cara untuk selalu mengingat Allah, untuk bersyukur kepada-Nya. Untuk membuat kita stay humble, berserah diri.. Bahwa hidup kita, apapun yang kita miliki saat ini sesungguhnya adalah milik-Nya. Serius, ini ngga berlaku untuk anak saya saja.. Tapi juga untuk saya dan suami. Karena sejujurnya, untuk mengimani pola pikir seperti ini cukup sulit. Amat sangat sulit. Namanya ego manusia ya.. Ga bohong, kadang di saat ada kesulitan, rasanya reaksi pertama itu seringnya bukan langsung pasrah. Marah dulu, sedih dulu, ada rasa tidak terima dulu. Sulit sekali untuk pasrah dan ikhlas.

Sungguh masalah keimanan ini mungkin adalah tantangan terbesar dalam mendidik anak. Jadi sedih juga saat menulis ini, langsung merasa banyak sekali kekurangan sebagai hamba Allah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s